Saturday, August 20, 2011

SMKN 4 Garut menuju SMM ISO 9011:2008

Kami atas nama OSIS mewakili seluruh siswa  SMKN4 Garut mendukung sepenuhnya sekolah kami SMKN 4 Garut, sekolah tempat kami belajar dan berlatih untuk menuju SMM ISO 9011:2008. Denga adanya SMM ISO mudah-mudahan sekolah kami akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya baik dalam segi kualitas maupun kuantitas.

Sekolah sebagai organisasi penghasil (sumber daya Manusia) SDM dipandang perlu menerapkan Sistem Managemen Mutu yang disingkat sebagai SMM. Dalam hal ini SMM khusus untuk pendidikan 9011:2008. Dengan tujuan agar kualitas Sekolah memiliki standar yang tidak hanya Nasional tetapi Internasional. Untuk itu  kami seluruh siswa SMKN 4 Garut sangat berharap banyak agar hal tersebut cepat terlaksana sesuai dengan harapan semua pihak.

Agar sebuah Sekolah lulus dari atau tersertifikasi sebagai organisasi yang menerapkan SMM ISO 9001:2008 harus memenuhi  persyaratan yang meliputi 8 Klausul yaitu:
  1. lingkup
  2. acuan yang mengatur
  3. istilah dan definisi
  4. sistem manajemen mutu
  5. tanggung jawab manajemen
  6. pengelolaan sumber daya
  7. Realisasi produk
  8. pengukuran analisis dan perbaikan
1. Lingkup

1.1. Umum
ISO  9001:2008 memperinci persyaratan sistem manajemen mutu, dimana organisasi: Perlu memperagakan kemampuannya untuk taat azas memberikan produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan syarat perundangan dan peraturan yang berlaku. 
Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem secara efektif, termasuk perbaikan berlanjut dan jaminan kesesuaian terhadap peryaratan pelanggan dan perundangan serta peraturan yang berlaku

1.2. Penerapan 
  • Standar Internasional ini bersifat umum, dapat diterapkan pada semua organisasai apapun jenisnya, ukuran serta produk yang dihasilkan.
  • pengecualian hanya dapat dilakukan pada klausul 7
Dalam hal ini ada istilah pelanggan maka untuk sekolah sebagai pelanggan adalah masyarakat yaitu orang tua siswa. Industri serta perusahaan yang menyerap lulusan.

sumber
In House Training Menuju SMM ISO 9001:2008

No comments:

Post a Comment

sebagai saran serta kritik tentang isi blog, isi artikel silakan isi pada kolom komentar berikut