Thursday, August 25, 2011

Persyaratan Umum Sistem Manajemen Mutu


Bagian ke-2
Suatu organisasi untuk lulus Sistem Manajemen Mutu ( SMM ) termasuk sekolah , disini penulis memakai istilah organisasi untuk institusi sekolah karena mengacu kepada SMM ISO. Maka sekolah sebagai organisasi  harus menetapkan, mendokumentasikan, serta memelihara suatu SMM dan secara berkelanjutan menyempurnakan efektifitasnya sesuai dengan persyaratan standar Internasional. 
Yaitu organisasi harus:


  • menetapkan proses-proses yang perlu  untuk SMM dan aplikasinya didalam organisasi
  • menentukan urutan dan interaksi dari proses-proses ini ,
  • menentukan kriteria dan metode yang diperlukan untuk memastikan bahwa baik proses-proses operasi maupun pengendalian adalah efektif
  • memastikan ketersediaan sumber daya dan informasi yang perlu untuk mendukung  operasi dan pemantauan proses ini.
  • memantau mengukur dan menganalisis proses-proses ini dan menerapkan tindakan yang perlu untuk mencapai hasil yang direncanakan dan penyempurnaan berkelanjutan terhadap-proses-proses ini.

Proses-proses ini harus dikelola oleh organisasi sesuai dengan persyaratan standar internasional.
Bila organisasi memilih untuk mensub`kontrakan berbagai proses yang mempengaruhi kesesuaian produk terhadap persyaratan, maka organisasi harus memastikan cara mengendalikan proses tersebut. tipe  dan luasnya pengendalian yang diterapkan untuk proses yang disub kontrakan harus diterapkan diklaim sistem manajemen mutu.

Proses yang diperlukan sistem manjemen mutu tersebut mencakup proses aktivitas manajemen, ketersediaan sumber daya, realisasi produk, pengukuran analisa dan perbaikan. Produk disini bisa berupa Jasa termasuk sekolah merupakan organisasi yang bergerak di bidang jasa.

Jaminan pengendalian proses yang disubkontrakan tidak membebaskan organisasi dari tanggung jawab untuk memenuhi semua semua persyaratan pelayanan kepada pelanggan, peraturan serta perundang-undanga yang berlaku dalam hal ini sekolah harus tunduk dan patuh pada undang-undang pendidikan yang berlaku di negaranya.
bersambung
Sumber : 
In House Training Menju  SMM ISO 9001:2008, SMKN 4 Garut tahun Pelajaran 2011/2012
bikasolusi.co.id

No comments:

Post a Comment

sebagai saran serta kritik tentang isi blog, isi artikel silakan isi pada kolom komentar berikut