Friday, October 28, 2011

Harapan terbentuknya Forum Osis Nusantara

Pada tanggal 11 Oktober 2011 terbentuk sebuah organisasi kepemudaan baru yang dinamakan dengan Forum OSIS Nusantara (FON). Forum ini didirikan dalam suatu rangakaian acara Student Leadership Camp UI 2011 yang membahas tentang masalah - masalah yang dihadapi di setiap daerah. Didirikan oleh 99 ketua OSIS dari berbagai sekolah dari 25 propinsi ditanah air. 

Fon memiliki visi “Terwujudnya pemuda aktif, kritis, inovatif menuju transformasi peradaban Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila".



Harapan dari kami yang ada didaerah, juga harapan dari blogger sebagai salah satu guru yang juga mendapat tugas tambahan sebagai pembina OSIS di sebuah sekolah yang ada di kabupaten atau yang ada di pedesaan. Sebagai Organisasi yang ada dilingkungan sekolah OSIS memiliki wewenang dan tanggung jawab bahwa OSIS sebagai pembinaan kesiswaan yang berada di lingkungan sekolah sebagai wawasan wiyatamandala. Yaitu yaitu sebagai sarana ketahanan sekolah sesuai Undang-Undang Pendidikan Nasional bahwa sekolah harus terbebas dari unsur dan kepentingan politik manapun. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal hanya untuk kegiatan yang berhubungan dengan pendidkan, pengajaran dan pembinaan generasi muda.

FON Sebuah organisasi yang kalau dilihat dari awal pendiriannya adalah sangat bagus dan memiliki visi yang sangat jauh untuk kepentingan bangsa dan Negara ini dalam rangka memasuki peradaban yang makin Global. Peradaban yang maju dimana tiap negara memiliki kesempatan untuk bersaing, dalam persaingan tersebut tidak terbatas pada ruang atau regional tertentu. Maka salah satunya harapan bahwa meminjam istilah dari para pendiri FON disebutkan dalam wawancara di sebuah televisi swasta Nasional bahwa “kami(maksudny FON) adalah harta abadi dari negara Ini”.Sebagai aset bangsa yang tidak ternilai harganya.

Kerja keras serta jerih payah dari para pendahulu kita, termasuk para pemimpin kita, sampai pada guru-guru yang membimbing kalau tidak ada Niat dan tekad dari generasi muda maka niat dan cita-cita bangsa termasuk Ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober tidak akan terwujud. Terbentuknya FON ini mudah-mudahan menjadi sebuah kado buat bangsa ini di ulang tahun atau peringatan Sumpah Pemuda yang biasa diperingati tiap tanggal 28 oktober.

Permasalahn generasi muda di era global sekarang ternyata banyak tantangan yang lebih berat misalnya masih banyak para generasi muda termasuk pelajar yang merupakan anggota OSIS masih melakukan tawuran antar Pelajar. Atau permasalahan lain misalnya banyak diantara generasi muda yang mengikuti atau jadi anggota gang motor yang sudah melakukan perbuatan kriminal yang meresahkan. Tapi tidak sedikit pula generasi muda sekarang yaang memiliki prestasi yang bisa dibanggakan seperti menjuarai lomba baik nasional
maupun internasional. Tidak sedikit siswa kita yang mendapatkan medali dalam ajang Olimpiade sains. 

Jadi permasalahan baik maksudnya berprestasi atau tidak baik yang melakukan kenakalan remaja seperti tawuran merupakan permasalahn generasi muda yang perlu penanganan serius dari semua pihak. Agar generasi muda kita dapat melanjutkan pembangunan Negara, atau melanjutkan regenerasi dalam rangka ikut bersaing di zaman Globalisasi.

Sekali lagi blogger mengucapkan selamat atas terbentunya Forum OSIS Nusantara(FON) kami akan selalu mendukung kalian selamat berkarya bagi kemajuan negeri Indonesia tercinta ini.

Referensi:
Id.Wikipedia.org

Situs resmi SMA Don Boscho

11 comments:

  1. wew mantap nih ada blgger nusantara ada osis nusantara hahahha

    ReplyDelete
  2. Ingat waktu sekolah dulu saya.
    hemmmmm,
    menarik ulasannya.
    .
    ikut nitip link ya.
    http://riawandjack.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sekolah emang masa yang indah ya mas

      Delete
    2. ok link taman bacaan sudah di pasang

      Delete
  3. Walau aktif di forum OSIS, semoga jangan lupa tugas utama yaitu belajar. Berorganisasi itu penting, tapi dapat nilai bagus itu jauh lebih penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kawan jadi kami harus bisa membagi waktu

      Delete

sebagai saran serta kritik tentang isi blog, isi artikel silakan isi pada kolom komentar berikut