Sunday, February 12, 2012

Selamat Hari Jadi Kabupaten Garut

kendaraan rakyat
Hari jadi kabupaten Garut yang biasa diperingati tiap tanggal 17 Pebruari adalah merupakan hari di mana terjadinya perpindahan pusat kota kabupaten yang dulunya berada di Limbangan terletak di sebelah utara wilayah Kabupaten Garut. Peristiwa perpindahan tersebut diperingati dengan napak tilas yaitu dengan diadakan acara long mach (jalan sehat) yang rute dari alun-alun Limbangan sampai finish di alun-alun kota Garut

Tetapi mulai tahun ini peringatan hari jadi kabupaten Garut berubah menjadi tanggal 16 Pebruari dan tahun pembentukannya adalah tahun 1814. Untuk tahun 2012 peringatan hari Jadi kabupaten Garut dimulai dengan acara napak tilas pada hari Selasa, 14 Pebruari 2012 dimulai jam 7 star dari alun-alun Limbangan.

Perpindahan kota kabupaten tersebut ada dua versi yang pertama mengatakan bahwa perpindahan pusat kota kabupaten diawali dengan pembubaran Kabupaten Limbangan sebagi sanksi dari Residen Priangan karena kabupaten Limbangan tidak biasa meningkatkan panen kopi yang tidak sesuai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah kolonial.  

Tapi versi kedua seperti yang dimuat di wikipedia.org mengatakan bahwa perpindahan kabupaten Garut itu di sebabkan pusat kota kabupaten yang letaknya di limbangan dinilai tidak strategis selain itu sering terjadi banjir pada saat musim hujan sedangkan pada saat musim kemarau sering terjadi kekeringan. Pada saat mencari tempat untuk pusat kota yang pada waktu itu seorang panitia kakarut oleh sebuah rumput berduri.(garut dalam bahasa sunda = duri, jeruk garut=jeruk yang pohon nya berduri)) Sedangkan orang Belanda (Walanda) menyebutnya gagarut akhirnya jadilah pusat kota kabupaten diberi nama Garut.

Jadi kalau dihitung sampai dengan sekarang sudah 198 tahun kabupaten Garut ini berdiri sebuah usia yang sudah cukup lama karena kabupaten ini didirikan lebih tua dari pada NKRI. Adapun pergantian hari jadi didasarkan kepada hasil kajian ilmu sejarah yang mengarah pada tanggal 16 Pebruari (maklum zaman dahulu kan orang juga lahir tidak pakai akte kelahiran).  

Walau adanya pergantian  tahun kelahiran semoga saja ini tidak menjadi hambatan bagi pemerintah daerah khususnya pemkab Garut untuk membangun serta mensejahterakan rakyatnya dalam segala hal misalnya pendidikan, kesehatan serta infra struktur jalan.

sumber gambar : http://gosipgarut.com

6 comments:

  1. Replies
    1. mudah-mudahan maju bukan hanya luarnya saja

      Delete
  2. Replies
    1. sama-sama
      terima kasoh sudah berkunjung

      Delete
  3. selamat ulang tahun untuk kota Garut :)
    makin maju yh :)

    ReplyDelete

sebagai saran serta kritik tentang isi blog, isi artikel silakan isi pada kolom komentar berikut